Monday, April 24, 2017

Perbedaan Mencolok Kamera SLR dan DSLR




Dunia fotografi akhir-akhir ini berhasil mencuri perhatian dunia semenjak adanya social media seperti instagram, salah satu social media yang mendukung profesi fotografer untuk memamerkan hasil karya jepretnya. Ada beberapa jenis kamera yang digunakan para fotografer baik professional maupun amatir untuk menghasilkan sebuah karya foto yang apik dan enak dilihat, diantaranya adalah kamera SLR dan DSLR.
Namun banyak orang salah kaprah mengenai dua jenis kamera ini. Banyak yang mengira SLR dan DSLR adalah sama, padahal ini adalah dua jenis kamera yang berbeda walaupun namanya mirip-mirip. Perbedaan paling mencolok adalah terletak pada lensanya. Jika DSLR merupakan jenis kamera yang memiliki berbagai jenis lensa dan bisa digonta ganti berdasarkan kebutuhan penggunanya, lain hal dengan SLR merupakan jenis kamera yang hanya memiliki lensa tunggal yang tidak dapat diganti. Namun seiring perkembangan jaman sudah ada beberapa merek kamera SLR yang berinovasi dan memberikan banyak aksesoris lensa tambahan dan filter. Berikut adalah perbedaan secara lebih detailnya.

KAMERA SLR (Single Lens Reflect)



Kamera SLR (Single Lens Reflex atau Cermin Lensa Tunggal), disebut SLR karena cara kerja kamera ini karena pembidikannya dipantulkan melalui prisma dan cermin lalu diteruskan pada lensa utama sehingga tidak terjadi efek paralax (perbedaan bidikan dan hasil gambar yang ditangkap kamera) seperti yang terjadi pada kamera jenis range finder. Dengan kamera jenis ini, fotografer harus menentukan kecepatan shutter speed (Kecepatan rana), aperture (bukaan diafragma) serta fokus, maka disini fotografer adalah si penentu kualitas foto, apakah jadi kabur nggak karuan atau lebih indah dari aslinya. Dengan kamera SLR sang fotografer dapat berkreasi sebebas-bebasnya dengan membuat efek-efek tertentu dengan cara membuat kombinasi yang berbeda antara shutter speed dan aperture, selain itu akhir-akhir ini kamera SLR sangat banyak asesorisnya seperti berbagai jenis lensa, filter dll. Dengan berkembangnya teknologi dibidang fotografi, maka saat ini kamera SLR juga memliliki kemampuan yang serba otomatis yang menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan, seperti fokus otomatis, kecepatan rana otomatis, dan bukaan diafragma otomatis, Namun selain dapat disetel otomatis kamera tersebut dapat disetel manual. Kamera jenis SLR paling banyak digunakan oleh amatir maupun profesional, selain karena kemampuannya, menggunakan kamera jenis ini menurut mereka lebih menantang (mungkin maksudnya lebih ruwet karena harus nyetel ini itu.

KAMERA DSLR (Digital Single Lens Reflect)




Pada kamera ini, cahaya yang masuk ke dalam kamera dibelokkan ke mata fotografer sehingga fotografer mendapatkan bayangan yang identik dengan yang akan terbentuk saat fotografer memencet tombol kecepatan rana, cahaya akan dibelokkan kembali ke medium (atau film). Lensa kamera SLR dapat diganti-ganti sesuai kehendak. Dudukan lensa pada bodi kamera berbeda benda tergantung merek kamera, mulai dari lensa wide (sudut lebar), tele(jarak jauh) dan lensa normal (standar 50mm), tersedia pula lensa zoom dengan panjang lens bervariasi.


No comments:

Post a Comment