Tuesday, May 12, 2015

10 Tips untuk fotografer pemula : Belajar fotografi





Dunia fotografi memang lagi booming sekarang-sekarang ini, mulai dari anak remaja, abg, bahkan sampai orang dewasa pun banyak yang mengenalnya. Fotografi mulai dicintai dan di gemari dari berbagai kalangan. Saya sendiri pun hobi dengan aktivitas yang satu ini, selain menyenangkan kita juga bisa menjual hasil karya foto kita. Memang budget yang harus kita keluarkan untuk melakukan aktivitas ini tidak murah, mulai dari membeli peralatan dan perlengkapannya sampai mengunjungi suatu spot yang menarik agar hasil yang kita dapatkan bisa bagus. Fotografi memang tidak terlalu sulit untuk dipelajari, sehingga orang yang baru mengenal fotografi pun bisa mempelajarinya. Nah bagi pemula yang masih mencoba2 untuk mempelajarinya tidak usah takut, berikut ada 10 tips belajar fotografi untuk fotografer pemula.


1. Jangan langsung membeli peralatan paling mahal


Mungkin karena alasan untuk mendapatkan foto yang sangat bagus sehingga sebagai pemula anda nekat membeli kamera dan peralatan pendukung yang sangat mahal. Tidak mengapa, tapi perlu anda ketahui kalau sebuah kamera yang lebih mahal tidak berarti Anda akan menghasilkan foto yang lebih baik, kecuali Anda telah menjadi seorang yang ahli dalam fotografi dan benar-benar menguasai peralatan tersebut. Belajarlah secara bertahap dengan kamera Anda yang sederhana. Dan sebaiknya jangan mengupgrade peralatan sampai Anda benar-benar menguasai dasar fotografi dan membutuhkan pengembangan skill dengan peralatan yang lebih canggih.

2. Bergabung dengan forum fotografi


Ada sejumlah besar situs yang didirikan baik di Indonesia maupun di luar sana yang bisa Anda datangi untuk menimbah ilmu. Di forum Anda bisa meminta saran atau rekomendasi mengenai teknik atau perlatan yang cocok sesuai kebutuhan Anda. Simak baik-baik obrolan di forum yang membahas tentang kasus tertentu, karena bisa saja suatu saat Anda akan menghadapi kasus serupa.

3. Pastikan anda selalu berjalan dengan kamera Anda


Memang tidak harus setiap waktu. Tapi adakalanya kesempatan memotret (entah itu momen atau objek yang indah) datang tiba-tiba ketika Anda tidak mengharapkannya. Jika merasa berat dengan beban kamera DLSR, cobalah manfaatkan kamera ponsel Anda untuk mengambil peluang motret yang tak terduga. Dan dengan kamera ponsel Anda bisa mengambil foto referensi dari adegan yang ingin Anda kembangkan menggunakan kamera DSLR.

4. Mencari ide dan referensi


Cobalah Anda berkeliling di situs photo stream seperti 500px atau flickr. Lihat dan pelajari karya hebat para fotografer profesional di sana. Dengan begitu semoga bisa memberikan Anda ide-ide segar dari cara mereka mengambil gambar yang mungkin sebelumnya tidak terfikirkan oleh Anda. Belajarlah dari karya orang lain.

5. Jangan abaikan subjek sederhana


Anda mungkin tidak melihat sesuatu yang menarik untuk dibidik pada ruang tamu atau di taman, tapi cobalah melihat lingkungan yang akrab dengan mata yang segar. Seringkali subjek sederhana bisa menjadi foto terbaik. Cobalah berdiri di satu tempat tertentu sambil melihat sekelilingnya, lalu coba untuk mengambil lima atau enam tembakan. Otak-atik kamera Anda dan kembangkan kreasi Anda untuk mendapatkan foto terbaik sekalipun pada objek / subjek yang biasa-biasa saja.

6. Nikmati proses belajar


Hal terbaik memiliki hobi seperti fotografi adalah tidak pernah kehabisan hal untuk belajar. Inspirasi dan kesempatan selalu ada di sekitar Anda. Cobalah melihat segala sesuatu melalui mata 'seorang fotografer' dan Anda akan melihat kesempatan memotret yang Anda tidak pernah lihat sebelumnya.

7. Manfaatkan post-processing


Post-processing dapat melibatkan tweak sederhana seperti menghapus mata merah (red-eye), mengubah foto menjadi hitam dan putih, dll. Jika Anda tertarik untuk belajar tentang pengolahan gambar maka Anda bisa memulai dengan mencoba software gratis seperti Paint.net (tidak harus bingung dengan Microsoft Paint). Ditambah dengan sebuah forum pengguna dan paint.net menawarkan fleksibilitas Adobe Photoshop tanpa biaya dan kompleksitas.

8. Selalu bereksperimen dengan settingan kamera Anda


Titik fokus dan tembakan kamera Anda mungkin lebih fleksibel dan kuat dari yang Anda tahu. Baca petunjuk manual untuk memahami semua simbol-simbol kecil pada kamera Anda (baca di sini tentang bagian-bagian kamera). Ketika Anda bereksperimen, cobalah membidik subjek dengan beberapa setingan yang berbeda-beda untuk mempelajari apa efek yang Anda suka. Ketika Anda sedang melihat foto Anda di komputer, Anda dapat memeriksa data EXIF ​​(biasanya dalam properti file) untuk mengingat pengaturan yang Anda gunakan.

9. Pelajari dasar fotografi


Di blog ini saya menulis beberapa ilmu dasar fotografi yang sangat penting untuk dipelajari, Anda bisa melihat semua artikel pemula di sini. Mulailah dengan mengenal bagian-bagian pada kamera. Kemudian rekomendasi saya agar Anda mempelajari tentang eksposur. Sedangkan untuk mencari ide atau referensi bisa dengan melihat karya orang lain dan saya mengumpulkan beberapa foto terbaik untuk inspirasi, silahkan Anda lihat di sini.

10. Memotret secara rutin


Cobalah untuk memotret sesuatu setiap hari. Jika Anda tidak bisa melakukan itu, pastikan Anda mengambil waktu senggang untuk berlatih secara teratur, sehingga Anda tidak lupa apa yang telah Anda pelajari selama ini. Sedangkan cara terbaik untuk memotivasi diri sendiri adalah dengan bergabung ke forum fotografi. Ingat! ketika foto yang Anda hasilkan tidak sesuai dengan yang Anda harapkan, sebaiknya hapus dan ulangi lagi.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda untuk mengembangkan skill fotografi Anda.

No comments:

Post a Comment